14 November 2021

Belanja di Blibli Bayar Pakai ShopeePay

Inilah yang terjadi ketika saya terlanjur top up di ShopeePay, lalu tiba-tiba ada promo menarik dari Blibli.

Bayar Blibli pakai ShopeePay

Beberapa tahun yang lalu, saya menetapkan OVO sebagai dompet virtual utama. Setahun kemudian, DANA menjadi andalan saya dengan promo top-up dan transfer gratisnya. Hampir setahun ini, saya beralih ke ShopeePay.

Alasannya bermacam-macam, sob. Yang jelas, ketika promo di satu dompet virtual dihentikan dan ada penawaran yang lebih menarik dari dompet virtual lainnya, saya akan pindah. Saya rasa kalian juga demikian 😁

Memang sebagai pengguna kita wajib jeli dalam memanfaatkan peluang dan promo dari penyedia jasa, dan itu wajar adanya, sepanjang dilakukan secara fair dan sesuai aturan.

Seperti yang tadi saya singgung di paragraf pertama artikel ini, awalnya saya hendak membayar beberapa tagihan di Shopee. Namun siapa sangka, belum semua tagihan terbayarkan, saya kehabisan voucher promo, sob. Baik voucher cashback maupun diskon sudah terpakai semua.

Padahal sebelumnya saya sudah top-up dengan nominal yang lumayan di ShopeePay. Kan masih ada aplikasi belanja lain, pikir saya. Entah mengapa waktu itu saya memilih untuk membuka Blibli, sebuah aplikasi belanja online yang jarang sekali terbuka di smartphone ini.

Bayar Blibli Lewat ShopeePay

Benar saja, di sana saya menemukan promo yang menarik untuk dilirik. Meskipun tak banyak, jumlah cashback yang ditawarkan Blibli terlihat begitu menggoda bila dibandingkan jika saya membayar tagihan di Shopee tanpa voucher promo.

Apalagi setelah saya tahu bahwa Blibli mendukung pembayaran melalui QRIS, yang juga didukung oleh ShopeePay. Tanpa mikir tiga kali, saya pun memilih "Uang elektronik" → "QRIS" sebagai metode pembayaran di Blibli untuk salah satu tagihan saya (yang sebelumnya tak kebagian voucher di Shopee).

Metode pembayaran Blibli Uang elektronik → QRIS

Setelah memilih tombol "Bayar Sekarang", kode QR dari Blibli muncul. Lalu saya mengambil screenshot dari kode QR tersebut untuk dipindai dengan ShopeePay nanti.

Kenapa discreenshot segala? Karena aplikasi Blibli dan Shopee saya berada di satu smartphone yang sama, sehingga tidak bisa scan QR code secara langsung pakai kamera, sob.

Scan Kode QR di Screenshot dengan ShopeePay

Di aplikasi Shopee, saya masuk ke laman ShopeePay dan memilih tombol "Bayar". Lalu di antarmuka kamera pindai saya pilih ikon gallery untuk mencari screenshot kode QR dari Blibli tadi. Setelah ketemu, ketuk tombol centang dan ShopeePay akan memindai kode tersebut.

Scan kode QR QRIS ShopeePay

Seusai memindai, ShopeePay akan menampilkan informasi mengenai transaksi kita, yakni tujuan transaksi: Blibli, dan nominal transaksi: dalam hal ini 102.500 rupiah. Lalu saya tekan tombol "Lanjutkan".

Blibli ShopeePay

Di laman berikutnya, ada informasi lagi. Bahwasanya transaksi ini bebas biaya, tapi saldo bonus ShopeePay tidak dapat digunakan. Saat saya coba tengok bagian "Voucher", nihil sob 😅 dan koin Shopee juga tak bisa ditukar.

Yaudahlah, langsung cus pilih tombol "Bayar Sekarang". Tidak lupa saya masukkan PIN ShopeePay dan selesai. Pembayaran tagihan di Blibli berhasil saya lakukan dengan ShopeePay (yang ternyata juga melibatkan Gopay sebagai pengakuisisi, cek screenshot di bawah ini).

Pembayaran tagihan di Blibli ShopeePay

Semudah itu, sob. Akhirnya tagihan saya terbayarkan semua dengan tingkat kehematan yang cukup memuaskan. Seperti yang tadi saya ketik, ShopeePay adalah dompet virtual yang telah saya gunakan hampir setahun ini. Entah nanti akan ganti atau tambah lagi dompet lainnya, yang pasti ShopeePay masih bisa saya andalkan sampai saat ini. Semoga berguna 😊