28 September 2021

Cara Beli Game Steam Pakai DANA Harga 1:1

Jauh sebelum artikel ini diketik, kita biasanya pakai Steam wallet untuk membeli game di Steam. Prosesnya kurang lebih seperti ini: top up Steam wallet (beli giftcard) terlebih dahulu, baru beli game yang diinginkan kemudian. Pembelian game secara langsung juga bisa dilakukan, tapi wajib menggunakan kartu kredit.

Cara Beli Game Steam Lewat DANA

Seiring menjamurnya dompet digital di Indonesia, kini kita bisa membeli game Steam secara langsung lewat DANA, tanpa perlu kartu kredit, tanpa perlu isi Steam wallet. Harganya pun 1:1. Jadi semisal kita beli game seharga 10 ribu rupiah, bayarnya juga 10 ribu rupiah saja, tidak ada biaya admin atau pajak lainnya (setidaknya untuk saat ini). Jelas lebih hemat kan, bila dibandingkan dengan top up Steam wallet?

Lalu bagaimana cara beli game di Steam lewat DANA? Simak ulasan singkat berikut ini.

Pastikan Anda punya akun DANA dengan saldo yang cukup

Belum punya akun DANA? langsung unduh saja aplikasi DANA dari Play Store atau App Store, daftar dengan nomor ponsel Anda, lalu isi saldo sesuai kebutuhan (bisa lewat transfer bank, Pegadaian, Kantor Pos, atau Alfamart - semuanya bebas biaya admin, setidaknya sampai artikel ini diketik).

Buka situs Steam dan login dengan akun Steam Anda.

Saya yakin Anda sudah punya akun Steam. Namun jangan sampai salah akun ya. Terkadang kita punya beberapa akun Steam untuk keperluan tertentu. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah login ke akun yang diinginkan dan sudah diset ke region Indonesia.

Cari dan pilih game yang akan dibeli

Untuk tutorial ini saya mencoba membeli game Fall Guys yang lagi diskon 50%. Klik "Add to Chart" untuk memasukkan game ke keranjang belanja.

Fall Guys yang lagi diskon 50%

Selanjutnya klik "Purchase for myself"

Beli game Steam untuk diri-sendiri

Pilih DANA sebagai metode pembayaran di Steam

Di laman ini saya memilih DANA sebagai metode pembayaran. Klik "Continue" untuk lanjut

DANA sebagai metode pembayaran

Ternyata sisa saldo Steam Wallet saya juga bisa digunakan sebagai metode pembayaran bersama DANA, sob. Lumayan, terpotong 3 ribuan 😅. Jangan lupa centang "I agree to the term of..." dan klik “Continue to Smart2Pay” untuk melakukan pembelian game.

Continue to Smart2Pay

Login ke DANA dengan nomor ponsel

Jendela baru untuk login ke akun DANA akan terbuka, masukkan nomor ponsel dan klik "Continue".

nomor hape DANA

Masukkan PIN DANA lalu otomatis kita akan diminta memasukkan OTP yang dikirim via SMS

PIN DANA

Kode OTP akan dikirim ke nomor ponsel yang digunakan saat mendaftar DANA, pastikan nomor tersebut aktif sehingga bisa menerima SMS OTP.

OTP DANA SMS

Beli game Steam pakai DANA

Setelah berhasil login, kita akan diarahkan ke laman pembayaran. Di sana kita bisa mengecek nominal pembayaran yang tentunya tanpa potongan. Kalau sudah sesuai, klik "PAY" untuk melakukan pembayaran.

beli game di Steam bayar pakai DANA

Selanjutnya akan muncul laman yang menyatakan bahwa pembayaran tagihan Steam via DANA sudah berhasil (Payment Success!)

Payment Success!

Terakhir klik "Continue" untuk kembali ke laman Steam.

Transaksi DANA lanjut

Bila tak ada masalah, Steam akan menampilkan pesan "Thank you for your purchase" sebagai tanda bahwa pembelian game Steam lewat DANA sukses dilakukan.

Thank you for your purchase Steam

Anehnya, saya memperoleh pesan "An unexpected error has occurred. Your purchase has not been completed."

An unexpected error has occurred. Your purchase has not been completed

Namun setelah cek library di aplikasi Steam, game yang saya beli sudah nangkring di sana. Cek riwayat pembelian di aplikasi DANA juga ada bukti transaksi ke Valve Corporation. Kemungkinan itu hanyalah bug yang muncul di laman Steam, sob. Yang penting game-nya sudah bisa diunduh dan dimainkan. Semoga berguna 🙂