05 Oktober 2021

Cara Mengetahui Nomor ShopeePay Sendiri

Sebelumnya perlu diperjelas bahwasanya ShopeePay adalah dompet digital, bukan rekening bank. Iya, keduanya adalah dua hal yang berbeda, meski secara fungsi memiliki beberapa kemiripan. Apakah pengguna ShopeePay tidak mendapatkan nomor rekening?

Melihat Nomor Virtual Account ShopeePay

Begitulah, sob. Meski demikian, kita bisa menggunakan nomor ponsel untuk isi saldo ShopeePay. Jadi layaknya dompet digital lainnya, nomor ponsel bisa diibaratkan sebagai "nomor rekening" dari ShopeePay.

Lalu bagaimana cara mengisi saldo ShopeePay lewat transfer bank, apakah cukup pakai nomor handphone saja? Itulah yang akan dibahas di artikel ini. Berhubung nomor ponsel bukanlah nomor rekening yang bisa ditransfer begitu saja, kita bisa memanfaatkan fitur nomor virtual account tetap yang disediakan oleh Shopee. Apa yang dimaksud dengan nomor virtual account tetap?

Nomor akun virtual tetap atau fixed virtual account number adalah rekening virtual yang nomornya tetap atau konsisten. Berbeda dengan nomor akun virtual biasa yang umumnya hanya berlaku sekali transfer, "nomor akun virtual tetap" bisa digunakan berkali-kali selama akun pengguna aktif atau tergantung kebijakan dari penerbitnya (dalam hal ini bank-bank yang bekerja sama dengan Shopee).

Nah, untuk melihat nomor virtual account ShopeePay, kita bisa mengikuti langkah-langkah mudah di bawah ini.

Cara Cek Nomor ShopeePay (rekening virtual)

Buka aplikasi Shopee di ponsel dan pilih ShopeePay. Selanjutnya pilih "Isi Saldo" lalu pilih "Transfer Bank". Di situ kita bisa memilih bank yang akan menerbitkan nomor virtual account tetap.

Isi saldo ShopeePay BNI vitual account

Misalnya di sini kita pilih Bank BNI, pilih "Konfirmasi", dan tak lama kemudian nomor ShopeePay kita akan muncul. Bila diperhatikan, nomor tersebut terdiri dari kode bank BNI (8807) yang diikuti oleh nomor ponsel (0851 0432 2222*). Nomornya akan selalu sama tiap kali kita transfer ke bank yang sama, sehingga disebut sebagai nomor virtual account tetap.

Setelah nomor virtual account ShopeePay diperoleh, kita bisa mengisi saldo ShopeePay dengan cara melakukan transfer ke nomor tersebut. Apakah kena biaya admin? Iya, sampai artikel ini diterbitkan, setiap bank yang mendukung transfer ke ShopeePay akan mengenakan biaya admin mulai dari 500 - 1000 rupiah tiap transaksi (kecuali SeaBank yang bebas biaya admin). Semoga berguna 🙂

*Bukan nomor sebenarnya