07 Oktober 2021

Cara Mencari Tweet Pertama di Twitter

Masih ingat dengan cuitan pertama Anda di Twitter? Ya jelas lupa, lah 😁. Lagian buat apa pula kita mengingat-ingat tweet pertama? Terjebak nostalgia mungkin, atau sedang penasaran dengan tweet pertama gebetan? Kali aja bisa kasih kejutan 😃

#firsttweet

Sebenarnya artikel ini adalah pembaruan dari artikel yang pernah saya terbitkan di blog Memudahkan blogspot. Temanya sama, membahas soal tweet pertama juga, tapi caranya sudah kedaluwarsa.

Merayakan ulang tahunnya yang ke-8, kala itu Twitter merilis laman khusus yang berguna untuk melihat tweet pertama kita (dan siapa pun juga).

Masalahnya, laman tersebut kini sudah tidak bisa diakses lagi, sob. Sehingga diketiklah artikel ini sebagai solusi buat Anda yang sedang mencari tweet pertama.

Tak hanya cuitan pertama, cara yang akan kita bahas ini juga bisa digunakan untuk menemukan kembali tweet-tweet lawas, sepanjang tweet tersebut belum dihapus.

Melihat Tweet Pertama di Twitter

Menemukan tweet pertama bisa dilakukan dengan 2 metode. Pertama, buka laman profil akun Twitter, ingat-ingat atau catat kapan akun tersebut bergabung ke Twitter, lalu gunakan format pencarian berikut.

from:akun since:tttt-bb-hh until:tttt-bb-hh

Silakan ganti "akun" dengan username akun Twitter, "tttt" dengan tahun, "bb" dengan bulan, dan "hh" dengan hari.

Sebagai contoh, untuk mencari tweet pertama di akun Twitter Memudahkan, yang join Twitter pada Agustus 2012, kita gunakan format di bawah ini sebagai kata kunci pencarian

from:memudahkan since:2012-08-01 until:2012-08-31

Tekan Enter dan tuju tab "Terbaru".

Cuitan pertama Memudahkan

Nah, di situ kita bisa menemukan tweet @memudahkan di bulan Agustus tahun 2012. Gulir ke bawah dan lihat tweet terakhir yang muncul. Iya, itulah cuitan pertama @memudahkan.

Mencari Tweet Pertama lewat Pencarian Lanjutan

Metode kedua sebenarnya sebelas duabelas dengan yang pertama. Bedanya, pada metode ini kita tidak perlu mengetik tanggal bulan tahun secara manual, cukup pilih dari daftar yang tersedia.

Langsung saja buka laman Pencarian Lanjutan Twitter (khusus versi web).

Isi bagian "Akun" dengan username Twitter (dalam hal ini "memudahkan").

Advanced search Twitter

Kemudian di bagian "Tanggal", pilih rentang waktu di bulan akun tersebut bergabung di Twitter.

Tweet lama

Bagian yang lain boleh dikosongkan.

Klik tombol "Cari" dan tuju tab "Terbaru".

Twit pertama M2D

Hasilnya sama saja dengan metode pertama, kita bisa melihat twit pertama Memudahkan.

Cara-cara di atas masih bisa dikembangkan lagi, sob. Misalnya untuk mencari tweet lama dengan kata-kata tertentu. Bisa juga untuk melihat tweet yang dibalas oleh akun spesial (gebetan atau mantan misalnya) di masa lalu. Semoga berguna 😊