08 Oktober 2019

Mengatasi Call of Duty Mobile Error 5027 GameLoop PC Windows

Tak lama setelah dirilis di platform mobile (Android dan iOS), game Call of Duty Mobile kini juga bisa dimainkan di PC atau laptop Windows melalui GameLoop. Iya, seperti yang kita tahu, GameLoop adalah emulator Android yang dulu bernama Tencent Gaming Buddy (TGB).

Cara mengatasi error 5027 CODM GameLoop

Layaknya emulator Android untuk Windows lainnya, GameLoop juga membutuhkan spesifikasi PC atau laptop yang lumayan agar bisa berjalan dengan lancar. Paling tidak seperti ini:

Rekomendasi Spesifikasi PC atau Laptop untuk GameLoop

  • Sistem operasi: Windows 10 (32/64-bit)
  • Prosesor: Intel Core i3-8100
  • Memori: 4 GB RAM (6 GB virtual RAM)
  • Graphics: Direct X 11.0+ supported (NVIDIA GeForce GTX 660 recommended)
  • Network: Broadband Internet connection
  • Penyimpanan: 2 GB HDD atau SSD

Bila spesifikasi di atas terpenuhi, kita bisa mengunduh GameLoop melalui situs web resminya dan memasangnya di PC atau laptop Windows kita seperti biasa. Idealnya, setelah GameLoop terpasang, kita bisa mengunduh Call of Duty Mobile dari Game Center. Nah, yang menjadi masalah, setelah CODM berhasil diunduh dan dipasang, muncul pesan error seperti screenshot berikut.

Call of Duty Mobile Error 5027

We are exited to see your interest in Call of Duty Mobile, but unfortunately we are not yet ready to release the game in your area. Stay tuned and thanks for your patience! (5027). Saat tombol OK ditekan, game akan otomatis menutup sendiri/keluar dari permainan.

5027

Pesan tersebut menyatakan bahwa CODM belum tersedia di area Anda, (dalam hal ini Indonesia). Padahal, CODM telah dirilis resmi secara global mulai 1 Oktober 2019 lalu dengan status OBT atau open beta. Usut punya usut, game Call of Duty Mobile ternyata dibagi menjadi 3 versi berdasarkan servernya, yaitu International, Korea, dan Southeast Asia.

Bila Anda memperoleh pesan error di atas saat mencoba memainkan CODM GameLoop di Indonesia atau negara Asia Tenggara lainnya, kemungkinan Anda salah pasang, sob. Bisa jadi yang terpasang di PC atau laptop Anda Anda adalah Call of Duty versi internasional atau bahkan versi Korea. Kesalahan pemilihan server atau versi CODM yang tidak sesuai dengan region tersebut bisa menyebabkan kita tidak bisa masuk ke game, apalagi memainkannya.

Download CODM Garena Server Southeast Asia

Lalu bagaimana solusinya? Harus download ulang CODM versi Southeast Asia? Betul sekali, sob. Terdapat dua cara untuk mengunduh game Call of Duty Mobile versi Southeast Asia terbitan Garena tersebut.

  1. Untuk Anda yang sebelumnya sudah memasang CODM versi Internasional/Korea → Silakan masuk ke "My Games" → klik "Change Server" di banner Call of Duty → pilih "Southeast Asia". Proses unduh akan otomatis berjalan.
    Change Server CODM GameLoop
  2. Buat Anda yang belum pernah pasang CODM, atau pernah pasang tapi sudah dihapus → Silakan buka "Game Center" → cari dan klik banner Call of Duty. Maka secara otomatis GameLoop akan menyesuaikan versi CODM dengan server di mana kita berada, Asia Tenggara tentunya.
    Pilih server Garena CODM

Sekiranya tidak otomatis, silakan pilih server "Southeast Asia" pada jendela yang muncul setelah klik tombol "Install". Semoga berguna 😊