11 November 2021

Cara Aktivasi Steam Keys lewat Client atau Browser

Biasanya kalau dapat Steam keys gratisan dari Humble Bundle, kita langsung diarahkan ke laman web Steam untuk mengaktifkannya. Tinggal klik link dan aktif sudah game yang kita redeem. Bahkan tidak perlu input keys manual, sob. Sudah auto input dari awal kita klik link tadi.

Aktivasi Steam Keys lewat Client atau Browser

Masalahnya, tidak semua penyedia game gratisan memberikan fasilitas seperti itu. Mereka hanya kasih sederet kode atau serial number, tanpa beri tahu di mana dan bagaimana cara aktivasinya.

Pengguna veteran Steam tentu sudah hafal diluar kepala mengenai apa yang harus dilakukan terhadap Steam keys-nya. Lalu bagaimana dengan pengguna Steam awam seperti saya? Bingung juga, sob 😕

Daripada bingung, saya coba membuka Steam Client di laptop Windows, dan inilah yang saya temukan, sob.

Cara Redeem Steam Serial Keys via Steam Client

Di aplikasi Steam Client Windows, setidaknya terdapat dua tempat untuk mengaktivasi kode Steam.

Pertama ada di menu Games → Activate a Product on Steam. Yang kedua ada di menu ADD GAMES → Activate a Product on Steam. Keduanya mengarah ke tempat yang sama, yaitu tempat di mana kita bisa mengaktivasi game Steam dengan serial atau keys tertentu.

Activate a Product on Steam

Langsung ikuti saja petunjuk yang muncul di layar, sob. Seperti biasa, tinggal klik Next → I agree → paste Steam keys → Next → Finish.

Setelah itu akan muncul pilihan untuk meng-install game yang barusan kita redeem. Pilih "Cancel" untuk memasang game tersebut di lain waktu. Gak akan hilang, kan gamenya? Tenang, sob. Setelah diaktivasi, gamenya bakalan masuk ke Steam Library kita, jadi bisa dipasang kapan saja.

Lalu bagaimana jika sedang bepergian, PC di rumah, laptop tak dibawa pula? Pakai smartphone juga bisa, sob. Selain lewat Steam client, kita juga bisa me-redeem kode Steam lewat browser apa saja, asal bisa login ke akun Steam.

Cara Aktivasi Steam Codes lewat Browser Smartphone/Laptop/PC

Awalnya saya cek laman utama Steam dan cek menu di sana satu per satu. Tidak ada satu pun menu atau link yang berhubungan dengan redeem atau aktivasi keys dari Steam. Cari via Google sebentar, ternyata caranya mudah sekali, sob.

Redeem Steam Keys Web

Silakan tuju laman Activate a Product on Steam, ketik atau paste kode Steam di kotak yang tersedia, centang "I agree to the terms of the Steam Subscriber Agreement". lalu klik tombol "Continue". Ikuti pentunjuk yang muncul di layar. Beres sudah, game sudah masuk ke library, bisa dipasang saat kita tiba di rumah. Semoga berguna 😊