19 Agustus 2018

Cara Membeli Steam Wallet dengan Paypal

Apa itu Steam Wallet? Sebelum membahas wallet, ada baiknya kita ulas sedikit tentang Steam itu sendiri. Buat yang belum tahu, Steam bisa diartikan sebagai "uap", namun dalam konteks ini, Steam adalah toko online yang menjual game untuk PC (Windows, Linux, Mac). Sederhananya seperti itu sob.

Kode voucher Steam Wallet dari Paypal
UPDATE

Pembayaran melalui PayPal kini sudah tidak tersedia lagi di SEAGM. Baca detailnya di akhir artikel ini.

Sebagai alternatif, sekarang Steam menambahkan DANA sebagai metode pembayaran untuk region Indonesia.

Untuk membeli game dari Steam, kita membutuhkan Steam Wallet. Seperti namanya, Steam Wallet adalah "dompet" yang berguna untuk menampung saldo Steam kita. Nah, saldo itulah yang bisa kita gunakan untuk membeli game di Steam.

Ada beragam cara untuk mengisi saldo Steam Wallet, atau yang lebih sering disebut dengan istilah "membeli Steam Wallet". Bisa melalui toko online rekanan (Bukalapak atau Tokopedia misalnya), potong pulsa operator seluler, kartu kredit, maupun lewat Paypal.

Untuk kali ini, Memudahkan.com akan mengulas cara membeli Steam Wallet dengan Paypal. Sebelumnya perlu diketahui bahwa Steam (region Indonesia) belum mendukung cara pembayaran lewat Paypal secara langsung, jadi kita memerlukan pihak ketiga (SEA Gamer Mall misalnya) sebagai perantara sob.

Kenapa SEA Gamer Mall? Sependek pengetahuan saya, hanya SEAGM yang menawarkan pembelian Steam Wallet IDR via Paypal sob 😅 (kalau ada yang lain mohon beritahu saya). Apakah ada biaya admin? Tentu saja ada, nanti akan kita bahas lebih lanjut di bawah.

Cara Membeli Kode Steam Wallet lewat Paypal

Kok cara membeli kode? Iya, sebenarnya yang kita beli lewat pihak ketiga itu adalah kode voucher Steam Wallet sob, yang nantinya bisa kita redeem di laman web Steam.

  1. Pertama, silakan buka laman www.seagm.com, lakukan registrasi dan lengkapi data diri Anda, termasuk nomor ponsel dan alamat tagihan (billing address).
    SEA Gamer Mall
  2. Ubah pengaturan mata uang dari "Indonesia Rupiah (Rp)" menjadi "US Dollar (US$)" dan klik "Save Settings" (Simpan Pengaturan).
    Indonesia Rupiah
  3. Buka laman pembelian Steam Wallet Code (IDR). Di sana Anda bisa memilih nominal saldo Steam yang akan dibeli. Di sini saya memilih saldo Rp45.000 seharga USD 3,92, dikurangi diskon 7% jadi USD 3,65. Setelah itu klik tombol "Buy with Paypal".
    Steam Wallet Code (IDR)
  4. Login dengan akun Paypal Anda. Apakah harus terverifikasi? Tidak harus, akun Paypal yang belum verifikasi juga bisa digunakan.
  5. Selanjutnya akan muncul total harga yang harus dibayar, yaitu USD 4,07. Klik "Continue" untuk melanjutkan.
    Paypal
  6. Kok jadi lebih mahal? Rinciannya ada di laman selanjutnya sob, USD 3,65 untuk pembayaran kode Steam Wallet, ditambah 0,42 USD untuk biaya admin. Klik "Confirm" untuk konfirmasi pembayaran.
    Rincian payment Sea Gamer Mall
  7. Sip, pembayaran telah berhasil dilakukan sob (Payment success). Klik "Retrieve Code/key" dan masukkan password akun SEAGM Anda.
    Retrieve Code/key
  8. Klik "Retrieve Card" untuk membuka kode Steam Wallet Anda.
    Retrieve Card Steam Code
  9. Salin (copy) kode tersebut. Beres dah. Sampai di sini kode Steam Wallet sudah berhasil didapat. Jangan tunjukkan kode tersebut ke siapapun (apalagi di media sosial), kecuali bila Anda memang berniat untuk berbagi 😀
    kode Steam Wallet

Cara Redeem Kode Steam Wallet

  1. Buka laman redeem Steam Wallet (silakan login bila belum), kemudian tempelkan (paste) kode yang didapat dari langkah sebelumnya, lalu klik "Continue".
    redeem Steam Wallet
  2. Bila ini kali pertama Anda mengisi saldo Steam, jangan lupa untuk melengkapi alamat Anda dan klik "Continue" lagi.
  3. Selamat! Kini saldo di Steam Wallet Anda sudah bertambah sejumlah nilai kode yang di-redeem. Selanjutnya Anda bisa membeli game di Steam sesuai keinginan (dan sesuai jumlah saldo 😉).
    Isi saldo di Steam Wallet

Bagaimana sob, mudah bukan beli voucher Steam Wallet via Paypal? Cocok sekali buat Anda yang lagi mager. Tidak perlu keluar rumah buat transfer dan kode voucher pun langsung muncul tanpa menunggu, instan sob, bahkan tidak perlu direbus. Semoga berguna 😊

UPDATE 04/10/2020

Niatnya ingin membeli game Steam yang lagi diskon, sob. Namun tombol "Buy with PayPal" ternyata menghilang saat saya mencoba membeli Steam Wallet di SEAGM. Oleh karena itu, tanyalah saya pada Mbak/Mas CS dari SEAGM lewat live chat.

SEAGM Paypal tidak bisa lagi

Iya, berdasarkan keterangan tersebut, SEAGM kini sudah menutup cara pembayaran lewat PayPal, baik untuk Steam Wallet maupun item digital lainnya. Meski demikian, kita yang berada di Indonesia masih bisa membeli beragam kebutuhan online di SEAGM menggunakan beberapa metode pembayaran mainstream seperti LinkAja, DANA, dan juga OVO.