16 Agustus 2018

Cara Memperpanjang Domain Gratis dari Freenom

Freenom adalah penyedia domain web gratis dari Amsterdam, Belanda. Iya, beneran gratis sob (untuk saat ini khusus untuk domain .TK / .ML / .GA / .CF / .GQ saja). Bahkan tidak cuma setahun, tapi bisa diperpanjang sampai kapan pun kita mau (asal tidak telat saja per tahunnya).

Freenom

Cara memperpanjang domain di Freenom tidak jauh berbeda dengan penyedia domain lainnya. Terhitung 2 minggu sebelum masa berlaku domain habis, kita akan memperoleh email dari Freenom yang berisi info domain yang perlu diperpanjang plus tata caranya.

Sayangnya, tata cara memperbarui domain Freenom yang tertera di email tersebut tidaklah sesuai dengan keadaan yang sebenarnya dan cenderung membingungkan. Oleh karena itu, kali ini Memudahkan.com akan mengulas sedikit tips tentang cara renew domain Freenom dengan mudah.

Cara Memperpanjang Domain Freenom Gratis

  1. Silakan kunjungi laman my.freenom.com dan login dengan akun Freenom yang bersangkutan.
  2. Tuju menu "Services → Renew Domains". Di sana kita bisa menemukan daftar domain lengkap dengan status dan masa kedaluwarsanya.
    Renew Domains
  3. Untuk memperbarui domain, klik tombol "Renew This Domain" yang terletak di sebelah kanan domain terkait. Di sini saya akan memperbarui domain benar.ga yang masa berlakunya tinggal 10 hari lagi.
    Renew This Domain
  4. Sebelum klik tombol "Order Now", ganti masa perpanjangan sampai mentok "12 Months @ FREE". Setelah itu akan muncul laman konfirmasi yang menyatakan order telah berhasil.
    Order Now
  5. Selanjutnya kita bisa cek masa berlaku domain tersebut melalui "Services → Renew Domains" lagi. Seperti tampak pada screenshot, domain benar.ga kini memiliki masa aktif 375 hari. Kok 375? Setahun kan 365 hari? Itu ditambah 10 hari dari masa aktif yang tersisa sob 😀.
    benar.ga
    375 hari
  6. Untuk mengetahui kapan domain Freenom kita kedaluwarsa, langsung saja tuju "Services → My Domains".
    My Domains

Oiya, email pemberitahuan dari Freenom kadang-kadang masuk ke folder Junk atau Spam, jadi rajin-rajinlah untuk mengecek folder tersebut agar tidak telat renew domain tiap tahunnya. Agar lebih praktis, masukkan alamat email Freenom ke dalam daftar kontak kita sehingga email yang masuk tidak akan dianggap sebagai spam. Semoga berguna 😉