20 Mei 2022

Masalah Perpanjangan SIM Online dan Solusinya

Bayangan saya, memperpanjang SIM secara online itu semudah daftar Instagram atau Tiktok. Mungkin juga layaknya daftar jadi nasabah bank digital macam Seabank atau Bank Jago. Cukup isi data (lalu foto-foto plus video call) dan beres.

Perpanjangan SIM Online

Kenyataannya tidak semudah itu, sob. Ada beberapa masalah yang muncul saat saya menggunakan layanan SINAR (SIM Nasional Presisi) di aplikasi Digital Korlantas. Meski demikian, setiap masalah pasti ada solusinya 😉

Masalah Registrasi Identitas

Pada tahapan ini kita diminta mengisi NIK (terisi otomatis), golongan SIM, nomor SIM, serta menggunggah dokumen seperti foto fisik E-KTP, foto fisik SIM, foto tanda tangan, dan pas foto.

Terjadi kesalahan Digital Korlantas

Saat semua sudah saya isi lengkap, tak disangka muncul pesan "Terjadi Kesalahan, coba lagi beberapa saat" setelah tombol "Lanjut" ditekan.

Solusi:

Mungkin ada kesalahan pada data yang saya masukkan. Setelah semua data dicek kembali dan yakin semua benar, pesan "Terjadi kesalahan" tetap muncul meski sudah berkali-kali saya menekan tombol "Lanjut". OK, untuk sementara saya menyerah, mungkin pagi-pagi servernya sedang kepenuhan.

Sorenya saya coba lagi dan langsung bisa, sob, bisa lanjut ke tahapan selanjutnya, yaitu "Kelengkapan Persyaratan". Sepertinya saya sedang beruntung 🤔. Kemungkinannya, jika registrasi identitas pada saat jam kerja gagal dilakukan, coba lakukan lagi di waktu sore atau malam hari, waktu di mana server Digital Korlantas sedang lengang.

Tips dari Digital Korlantas:

  • Pastikan masa berlaku SIM-mu kurang dari 90 hari, sob, karena SIM hanya bisa diperpanjang 90 hari sebelum masa berlakunya habis.
  • Cek koneksi internet hapemu, gunakan wifi yang stabil dan cepat untuk hasil yang lebih baik.
  • Force stop dan Clear cache aplikasi Digital Korlantas dan coba lakukan registrasi identitas kembali.

Tidak Ada Pilihan Kecamatan di Tahap Pengiriman

Entah mengapa kecamatan di mana saya tinggal tidak terdaftar pada pilihan pengiriman aplikasi Digital Korlantas. Ketika saya coba memasukkan kode pos secara manual, pesan "Gagal NOT FOUND" langsung muncul.

Gagal NOT FOUND Kecamatan aplikasi Digital Korlantas

Padahal di berbagai aplikasi toko online, jasa pengiriman, dan perbankan, kecamatan Kauman, selalu muncul dan bisa dipilih.

Solusi:

Pakai alamat tempat kerjamu, sob (alamat kantor), yang berada di kecamatan yang berbeda dengan alamat tempat tinggal. Bisa pula titip kirim ke alamat teman atau kerabat terdekat. Alternatifnya, pilih kecamatan lain yang paling dekat dengan alamatmu dan jangan lupa untuk menulis alamat lengkap dengan kecamatan asli di kolom alamat pengiriman (ini yang saya lakukan, sesuai tips dari Digital Korlantas).

Lho, kan kode posnya jadi beda? Tidak masalah, selama alamat yang kamu tulis lengkap, Pak Pos pasti berhasil menemukanmu. Jangan lupa pula untuk mengisi nama penerima dan nomor ponselmu dengan benar, sehingga bila Pak Pos kurang yakin kamu di mana, kalian bisa ngobrol dulu 😄

Masalah Masa Berlaku SIM

Setelah proses awal perpanjangan SIM berhasil dilalui (pembayaran berhasil) dan "Detail Transaksi" sudah 40% (Dibayar), maka akan muncul gambar SIM baru kita di aplikasi Digital Korlantas.

Masalahnya, tanggal masa berlaku yang tertera di gambar SIM baru tersebut adalah tanggal masa berlaku SIM lama, belum berubah jadi lima tahun ke depan.

Solusi:

Hal itu normal, sob. Data masa berlaku SIM di aplikasi Digital Korlantas akan diperbarui sesuai masa berlaku yang seharusnya, setelah kita menerima SIM baru dan sudah melakukan konfirmasi lewat aplikasi tersebut.

Proses di Detail Transaksi Macet di 40% (Dibayar)

Kalau kendala ini bisa saya pahami sepenuhnya, sob. Saya melakukan perpanjangan SIM pada hari Jumat 13 Mei 2022, dan di hari itu juga (sorenya) telah sampai 40% (Dibayar).

Saya mengira esoknya, Sabtu, 14 Mei 2022, pengajuan perpanjangan SIM saya akan mencapai 50% (Diproses), namun ternyata masih stuck di 40%. Besoknya lagi, Minggu 15 Mei 2022, masih belum diproses, jelas karena hari libur. Seninnya, 16 Mei 2022, sama saja, karena bertepatan dengan hari libur nasional (Waisak).

Akhirnya pada hari Selasa, 17 Mei 2022, bagian "Transaksi" di aplikasi Digital Korlantas menunjukkan 50% (Diproses) dan tak lama kemudian berubah lagi menjadi 60% (Diterbitkan dan Dikemas). Nomor resi pengiriman Pos Indonesia juga sudah muncul. Esok harinya, Rabu, 18 Mei 2022, SIM sudah sampai rumah saya.

Solusi:

Ya ditunggu saja prosesnya, sob 😁. Proses perpanjangan SIM memerlukan waktu 3 sampai 7 hari kerja tergantung antrean, namun jika antrean di SATPAS (Satuan Penyelenggara Administrasi SIM) mengalami lonjakan, maka prosesnya membutuhkan waktu yang lebih lama.

Perhatikan juga bahwa waktu operasional SATPAS adalah Senin sampai Sabtu pukul 08:00 – 15:00. Permohonan SIM di atas pukul 15:00 akan diproses esoknya. Hari Minggu dan libur nasional SATPAS libur.

Laman Lacak Resi Kosong

Pelacakan kiriman SIM di aplikasi Digital Korlantas tidak berfungsi sebagai mestinya, setidaknya untuk saat ini. Tombol "Lacak" hanya akan membawa kita ke laman kelabu yang kosong. Selain itu, bagian "Estimasi Sampai" juga tidak tersedia, hanya berisi tanda "–" saja.

Solusi:

Kemungkinan besar itu adalah bug dari aplikasi tersebut, jadi kita tunggu saja update selanjutnya. Sementara itu, pelacakan kiriman SIM bisa kita lakukan lewat fitur tracking resi di situs web Pos Indonesia. Cukup salin nomor resi di aplikasi Digital Korlantas, tempel di kolom yang tersedia di situs web Pos Indonesia, lalu klik tombol "Cari".

Digitalisasi SIM Gagal

Anda belum berhasil melakukan digitalisasi SIM. Untuk informasi lebih lanjut, hubungi SATPAS terdekat. Itulah pesan yang muncul saat saya mencoba melakukan verifikasi SIM baru di aplikasi Digital Korlantas.

Digitalisasi SIM Gagal aplikasi Digital Korlantas Android

Semua cara (termasuk Tempel Kartu - NFC, dan Pindai Kartu - Kamera) sudah dilakukan, tapi belum juga membuahkan hasil.

Solusi sementara:

Sampai artikel ini diketik, saya belum berhasil melakukan digitalisasi SIM meski sudah menerapkan tips dari Digital Korlantas berikut ini:

  • Mencoba untuk input secara manual nomor SIM.
  • Pastikan jaringan internet berjalan dengan baik.
  • Mencoba untuk melakukan clear cache terlebih dahulu.
  • Kuatkan niat dan bersabar untuk mencoba kembali dalam beberapa waktu ke depan.

Intinya coba terus sampai berhasil, sob 🙂. Bagian ini akan diperbarui setelah saya berhasil melakukan digitalisasi SIM.

UPDATE 07/06/2022: Akhirnya saya berhasil melakukan digitalisasi SIM! 🙌 Sepertinya itu berkat perbaikan dari sisi server Digital Korlantas, sob. Pagi-pagi saya iseng input nomor SIM secara manual; setelah tap "Simpan Data", sekonyong-konyong muncul pesan "Proses Digitalisasi Berhasil" 😹

Proses Digitalisasi Berhasil

Buat Anda yang masih gagal, coba lagi di lain hari, kemungkinan data SIM baru belum sinkron dengan data di Digital Korlantas. Oh iya, dan tidak perlu galau apalagi panik, yang penting SIM fisik masih/sudah di tangan Anda. Terlebih lagi, SIM digital di aplikasi hanyalah pelengkap SIM fisik, bukan sebagai pengganti, setidaknya untuk saat ini.

Epilog

Itulah beberapa kendala yang saya alami saat memperpanjang SIM online di aplikasi Digital Korlantas. Sebenarnya masih banyak masalah yang mungkin muncul dalam proses perpanjangan SIM online, tapi beruntungnya hanya masalah di atas yang saya alami, selebihnya lancar-lancar saja. Semoga bermanfaat 😊