27 Maret 2019

Amankan Laptop ASUS Anda dari Serangan ShadowHammer

Berbagai pemberitaan mengenai serangan ShadowHammer pada produk komputer ASUS (khususnya laptop) akhir-akhir ini tentu membuat kita khawatir atau setidaknya penasaran. Berdasarkan temuan Kaspersky Lab, oknum di balik serangan ShadowHammer telah berhasil menyuntikkan malware ke ASUS Live Update Utility, software bawaan komputer ASUS yang berguna untuk memperbarui BIOS, UEFI, driver, dan aplikasi secara otomatis.

ShadowHammer ASUS Fix

Bagaimana mungkin itu bisa terjadi, selemah itukah keamanan software bawaan ASUS? Sejatinya memang tidak ada yang aman di era internet ini, sob. Hampir selalu ada celah yang bisa dimanfaatkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab asal ada niat dan kesempatan. Meski demikian, kebenaran akan selalu menemukan jalannya, yang penting kita selalu berhati-hati, waspada, dan tidak kagetan 😁


Serius amat, tenang, tidak semua laptop ASUS menjadi target dari serangan ShadowHammer. menurut laporan Kaspersky Lab, sekitar jutaan (dengan sampel 57 ribu) komputer ASUS di seluruh dunia telah mengunduh dan memasang software ASUS Live Update Utility yang terinfeksi. Walau begitu, sebenarnya hanya sekitar 600 komputer yang menjadi target utama ShadowHammer. Apakah laptop saya termasuk? Mari kita cari tahu, sob.

Buat Anda pengguna notebook atau laptop ASUS, silakan gunakan salah satu (atau semua juga boleh) dari 3 cara di bawah ini untuk mengetahui apakah komputer Anda terkena serangan malware ShadowHammer atau tidak.


Menggunakan software resmi ASUS Security Diagnostic Tool


Saat artikel ini diketik, ASUS telah merilis software khusus untuk menganalisis keberadaan malware palu bayangan tersebut, silakan unduh file “ASDT_v1.0.10.zip”, ekstrak, jalankan “ASDT.exe”, dan ikuti instruksi yang muncul di layar.

ASUS Security Diagnostic Tool

Bila komputer Anda tidak terinfeksi, akan muncul pesan "Good news: Your PC is not affected by the potential security risk".


Menggunakan Kaspersky ShadowHammer Check Tool


Sebelum ASUS bertindak, Kaspersky telah terlebih dahulu merilis sebuah tool yang berguna untuk mengidentifikasi apakah komputer Anda menjadi target malware atau tidak.

Kaspersky ShadowHammer Check Tool

Sama halnya dengan tool rilisan ASUS, langsung unduh saja file “shadowhammercheck.zip”, ekstrak, dan jalankan "shadowhammer.exe". Semisal komputer Anda tidak termasuk dalam daftar target si malware, pesan berikut akan muncul: "GOOD - Your machine is not affected".


Cek MAC address Melalui Situs Web Kaspersky


Cara ini bia dibilang paling ribet karena kita wajib mengetahui MAC address laptop ASUS terlebih dahulu sebelum melakukan pengecekan di situs web Kaspersky. Bila Anda ingin mencoba, silakan ikuti langkah berikut.
  1. Buka Command Prompt melalui tombol Windows + R → ketik "cmd" → Enter.
  2. Ketik “ipconfig /all” lalu Enter.
  3. Cari paduan angka dan huruf setelah “Physical address” kemudian salin (copy). Abaikan "Physical address" dengan Media State: Media disconnected.
  4. Mampir ke situs web diagnostic Kaspersky lalu tempel MAC address tersebut di kotak isian yang tersedia lalu klik tombol "Check Now".
  5. Pastikan hasilnya "Your device has not been targeted by ShadowHammer attack".

Web Kaspersky


OK, semuanya aman kan, sob? Saya harap demikian. Sebagai pencegahan lebih lanjut, segera update software ASUS Live Update di laptop atau notebook Anda ke versi teranyar (versi 3.6.8 atau yang lebih baru). Jika ternyata laptop Anda sedang dalam keadaan tidak aman, langsung backup data-data penting Anda dan lakukan factory reset pada system operasi yang sedang Anda gunakan (sekalian install ulang Windows juga boleh). Selamat mencoba 😊