20 Agustus 2018

Begini Cara Membeli Game di Steam Tanpa Kartu Kredit

Untuk region Indonesia, saat ini kita hanya bisa melakukan pembelian konten secara langsung di Steam dengan kartu kredit. Meski demikian, kita bisa memanfaatkan Steam Wallet untuk membeli konten Steam tanpa kartu kredit.

Cara Beli Game Steam Tanpa Kartu Kredit

Seperti yang sudah saya ketik di artikel sebelumnya, kita membutuhkan saldo Steam Wallet untuk membeli game atau software di Steam. Lalu bagaimana cara mengisi saldo Steam Wallet tanpa kartu kredit? Ada beberapa cara mengisi saldo Steam Wallet tanpa melibatkan kartu kredit sama sekali. Salah satunya adalah dengan menggunakan Paypal.

Bagaimana cara isi ulang Steam Wallet dengan Paypal? Silakan baca artikel Cara Beli Steam Wallet via Paypal, kemudian ikuti langkah di bawah ini sob.

Langkah Membeli Game Steam Tanpa Kartu Kredit

  1. Setelah saldo Steam Wallet berhasil diisi lewat Paypal, kini kita membeli game di Steam secara langsung tanpa kartu kredit. Tuju laman ini untuk mengecek jumlah saldo Steam Wallet Anda. FYI, ada saldo 45 ribu di Steam Wallet saya.
    Saldo dompet Steam
  2. Selanjutnya buka laman depan Steam untuk memilih atau mencari game yang diinginkan. Untuk tutorial ini saya mencoba membeli game Tomb Raider (mumpung diskon 😎). Klik "Add to Chart" untuk memasukkan game ke keranjang belanja.
    Tomb Raider 2013 Diskon Steam
  3. Karena game ini memang dibeli untuk dimainkan sendiri (bukan untuk dihadiahkan pada orang lain), pilih "Purchase for myself". Setelah itu login kembali ke akun Steam Anda untuk melanjutkan pembayaran.
    Purchase for myself
  4. Pada laman selanjutnya, cek apakah di "Payment method" sudah menunjukkan "My Steam Wallet" (biasanya sih otomatis sob). Bila sudah, centang "I agree to the term of..." dan klik "Purchase" untuk melakukan pembelian game.
    Beli game Tomb Raider di Steam
  5. Beres sudah sob. Berikutnya kita bisa mengunduh dan memasang game yang telah dibeli melalui aplikasi Steam. Pilih "Yes, Steam is installed" bila Steam sudah terpasang di PC/laptop, atau pilih "No, I need Steam" bila belum.
    Download game Steam

Nah, itulah cara membeli game di Steam tanpa kartu kredit. Tunggu, bukannya Paypal itu butuh kartu kredit? Idealnya memang begitu sob, tapi pembelian lewat Paypal (sampai artikel ini diketik) tidak mewajibkan adanya kartu kredit, asal akun Paypal Anda sudah berumur lebih dari satu bulan dan memiliki saldo yang cukup untuk melakukan pembelian. Semoga berguna 😊