11 Juni 2022

Mengunci Aplikasi di Recent App MIUI 13

Sebelumnya perlu diperjelas bahwa mengunci aplikasi yang dimaksud di sini bukanlah dengan memberinya password atau semacamnya, melainkan mempertahankan aplikasi di RAM, sehingga tidak dimuat ulang saat kita berpindah aplikasi lalu kembali lagi ke aplikasi sebelumnya.

Mengunci aplikasi Xiaomi agar tidak tertutup otomatis

Tujuan lainnya, agar ketika kita menekan tombol "X" di "aplikasi baru-baru ini" atau "recent app", aplikasi yang telah dikunci tetap dipertahankan atau tidak tertutup layaknya aplikasi yang tidak terkunci.

Menu Lock di Recent App Hilang?

Di MIUI 12.0.3, tekan tahan aplikasi di recent app akan memicu munculnya menu kunci aplikasi dan beberapa menu lainnya. Masalahnya menu tersebut menghilang di MIUI 12.0.9, saat aplikasi ditekan tahan, kita langsung dibawa ke "info aplikasi".

Demikian pula di MIUI 13.0.4, yang sampai artikel ini diterbitkan, masih kehilangan menu lock di recent app. Untungnya, Xiaomi tidak (atau setidaknya belum) benar-benar menghilangkan fungsi kunci aplikasi tersebut, hanya menunya saja yang raib.

Pengaturan Kunci Aplikasi di MIUI

Iya, fungsi lock di recent app MIUI masih bisa diakses dari aplikasi Keamanan (Security) → tekan Pengaturan (ikon di pojok kanan atas) → Peningkatan kecepatan (Boost speed) → Kunci aplikasi (Lock apps). Selanjutnya kita bisa memilih aplikasi apa saja yang akan dikunci di recent app. Misalnya di sini saya memilih WhatsApp dan beberapa aplikasi lainnya. Setelah itu, silakan cek di recent app, aplikasi yang terkunci akan menampilkan ikon gembok di sebelah namanya, dalam hal ini WhatsApp.

Dibandingkan versi MIUI sebelumnya, cara tersebut jelas kurang praktis. Fungsi yang dulunya bisa mudah dibuka melalui tekan tahan aplikasi di recent app, kini hanya bisa diakses melalui pengaturan yang letaknya lumayan dalam. Apa boleh buat, sob. Setidaknya fungsinya masih bisa kita gunakan untuk saat ini.

Sebenarnya mengunci aplikasi lewat cara di atas tidak serta merta membebaskan aplikasi yang kita pilih dari potensi ditutup dengan paksa oleh MIUI. Seperti yang kita tahu, MIUI dikenal agresif dalam membatasi aplikasi yang berjalan di latar belakang dengan tujuan untuk mempertahankan performa sekaligus menghemat baterai. Oleh karena itu diperlukan beberapa langkah lagi untuk melindungi aplikasi dari keagresifan MIUI, yang nanti akan dibahas pada artikel selanjutnya.

Epilog

Ke depannya, mari kita berikan masukan kepada developer MIUI untuk mengadakan kembali menu lock di recent app di update-update selanjutnya, bisa melalui aplikasi Services & feedback atau di forum Xiaomi Community. Semoga bermanfaat 😊