09 November 2021

Beli Token Listrik di Bukalapak Bayar via DANA Lebih Murah

Kenapa lewat Bukalapak? Bukannya beli token listrik bisa langsung via DANA? Singkatnya, beda promo, sob 😁. Kebetulan sekali saldo DANA saya hari ini tersisa 100.857 rupiah saja, sedangkan harga token listrik 100 ribu di aplikasi DANA adalah 101.500 rupiah, kurang 643 rupiah dong.

Beli Token Listrik di Bukalapak Bayar via DANA

Beli token 50 atau 20 ribu saja kan bisa? Iya, tapi karena satu dan lain hal, untuk saat ini hanya token 100 ribulah yang bisa saya beli menggunakan saldo DANA yang mepet ini.

Dari situlah kenapa artikel ini saya ketik. Normalnya memang mudah saja membeli token listrik di Bukalapak lalu bayar dengan aplikasi DANA, mengingat DANA dan BL adalah mitra resmi. Meski begitu, akan berbeda cerita bila saldo DANA kita tidak mencukupi.

Bila Saldo DANA Tidak Mencukupi

Aplikasi Bukalapak akan otomatis meminta kita untuk memilih metode pembayaran lain saat saldo DANA kita kurang dari nominal transaksi. Sehingga bisa diartikan kalau kita tidak bisa pakai DANA di BL kalau saldonya kurang (kecuali kalau digabung dengan metode pembayaran lain). Ya kan memang begitu konsepnya 🙄.

Kalaupun ngotot, aplikasi BL akan mengingatkan kita dengan tulisan berwarna merah: Saldo kamu tidak mencukupi.

Promo Kode Voucher Token Listrik DANA dan Bukalapak

Sembari nyari recehan di meja, iseng-isenglah saya buka tab "Promo Terbaru" di aplikasi Bukalapak, berharap di sana ada promo token listrik.

Dan sesuai harapan, ternyata memang lagi ada promo, sob. Kode vouchernya: DANATOKEN. Tidak banyak memang, cuma 4000 rupiah, tapi ini adalah potongan langsung, bukan cashback.

DANATOKEN

Oleh karena itu, token listrik yang semula harganya 102.500 di Bukalapak, menjadi 98.500 saja setelah pakai kode voucher tersebut. Sampai di sini saya masih ragu, apakah BL mensyaratkan kesesuaian saldo dengan nominal transaksi setelah terpotong promo atau sebelumnya?

Kalau sebelum promo, jelas saldo DANA saya kurang, apalagi harga token di BL lebih tinggi daripada di DANA. Kalau setelah promo, tentu saya bisa membeli token listrik 100 ribu pakai saldo DANA dengan leluasa, bahkan masih ada kembalian.

Cara Beli Token Listrik di Bukalapak pakai DANA

Daripada penasaran akhirnya saya coba saja. Seperti yang diperkirakan, BL meminta saya untuk memilih metode pembayaran. Biasanya, kalau saldo mencukupi, maka otomatis DANA yang akan terpilih sebagai metode pembayaran default.

Saldo kamu tidak mencukupi

Di sini saya tetap pilih DANA, dan muncul pesan: "Saldo kamu tidak cukup untuk membayar transaksi ini. Pilih metode pembayaran lainnya". Pantang mundur, saya pilih tombol "Gunakan Metode Ini". Lalu muncul lagi pesan "Saldo kamu tidak mencukupi".

Selanjutnya di bagian Voucher saya isi dengan "DANATOKEN" dan muncul pesan "Yay, vouchermu berhasil digunakan", yang diikuti dengan hilangnya pesan "Saldo kamu tidak mencukupi", serta aktifnya tombol "Bayar dengan DANA", sehingga bisa saya pilih.

Berhasil beli token listrik Bukalapak DANA

Akhirnya transaksi token listrik 100 ribu di Bukalapak dan bayar lewat DANA berhasil dilakukan. Sampai artikel ini diterbitkan, saya belum menemukan informasi mengenai sampai kapan kode "DANATOKEN" bisa digunakan.

Yang pasti (untuk saat ini) tiap pengguna BL dan DANA hanya bisa menggunakan token tersebut sekali saja. Walau demikian, jangan lupa untuk selalu cek tab "Promo Terbaru" Bukalapak agar tidak ketinggalan promo-promo menarik lainnya. Semoga berguna 😊